OSPEK merupakan agenda besar perguruan tinggi di manapun berada. Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus Universitas Negeri Yogyakarta dimulai tanggal 18 – 22 Agustus 2009. Diharapkan OSPEK UNY jauh dari tindakan kekerasan atau perpeloncoan. Perguruan tinggi mengisi kegiatan OSPEK dengan berbagai macam kegiatan yang berfokus pada pengenalan lingkungan kampus, budaya ataupun tata tertib perguruan tinggi guna menyiapkan mahasiswa yang mampu beradaptasi dengan lingkungan mereka yang baru. Pada OSPEK Universitas yang dilaksanakan di GOR UNY ini diwarnai oleh berbagai macam karakter mahasiswa baru yang terbagi menjadi 6 Fakultas yaitu dari F.T (Orange), FISE (Merah) , F. MIPA (Biru), FBS (Ungu), FIK (Kuning), dan FIP (Hijau). Di dalam GOR mahasiswa baru sangat antusias untuk ber adu yel-yel, sampe-sampe suara MC dari acara tersebut terkalahkan oleh sekitar enam ribu mahasiswa baru.

Dalam OSPEK tersebut selalu ditekankan mengenai Pendidikan Profertik, hal ini sangat berhubungan dengan Grand Tema OSPEK  yaitu “Pendidikan Karakter”. Rektor selalu menyemangati mahasiswa baru agar mempunyai Sense Of Crisis, dimana mahasiswa harus proaktif, bisa merespon terhadap realita lingkungan di sekitarnya. Dengan adanya iconisasi kampus, UNY harus bisa melahirkan sarjana yang bernurani, berbudi pekerti yang luhur, serta bermoral. Diharapkan para sarjana yang telah dicetak UNY mampu menjadi Pemimpin yang Tawadhu’ (Rendah Hati).

Dikatakan bahwa dalam catatan kementrian hanya ada sekitar 5% pemuda yang bisa melanjutkan pendidikannya, maka dari itulah Pendidikan Karakter sangat penting dan paling pas untuk memoles mahasiswa baru guna membangun atau menciptakan Pemuda yang berkualitas.

Dalam rangkaian acara UNY On Air yang dibersamai oleh Pembantu Rektor 1,2, dan 3, mahasiswa baru juga sangat antusisas untuk menyimaknya. Jajaran Rektorat selau mengaktivasi mahasiswa baru untuk aktif berorganisasi, berlomba-lomba mendapatkan beasiswa dan tetap semangat dalam belajar. Dan saking semangatnya mahasiswa baru sampe meneriakkan bahwa mereka harus lulus secepatnya agar kelak mampu menjadi agen perubahan masa depan.