Kita sebagai mahasiswa harus tahu bahwa pendidikan merupakan tiang bangsa. Mahasiswa merupakan agen of change dan iron stock bagi bangsa Indonesia ini. Bisa dikatakan, Indonesia adalah salah satu Negara yang tertinggal dalam hal pendidikan, bahkan di dunia Internasional, pendidikan kita menempati peringkat bawah dari sekian ratus Negara di dunia. Kita sebagai calon pendidik sudah seharusnya berpartisipasi dalam memikirkan nasib pendidikan di Indonesia dengan menginstrospeksi diri mengapa hal demikian bisa terjadi?

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan rendahnya kualitas pendidikan, diantaranya adalah dari faktor pendidik, bagaimana mungkin pendidikan akan berhasil jika pendidiknya tidak mempunyai kualitas moral yang baik, orientasi yang jelas, dan kompetensi atau skill yang memadai. Moral merupakan tujuan utama dalam pendidikan. Tujuan utama pendidikan pada khususnya adalah membentuk kepribadian yang baik, dan menigkatkan kemampuan diri.

Di sadari atau tidak, sebagai mahasiswa fakultas ilmu sosial dan ekonomi kita mempunyai tanggung jawab moral yang besar. Sebuah renungan sekaligus merupakan teguran bagi kita semua agar dapat menjaga diri dalam berkata, berpakaian, dan bergaul. Apa jadinya nanti moral generasi bangsa, apabila calon-calon pendidiknya tidak dapat menjaga tuturkatanya, tidak tahu adab berpakaian, dan lebih-lebih gemar alias hobby banget dengan pergaulan bebas.

Wahai calon guru masa depan…………, ingatlah kita semua merupakan regenerasi pendidik. Untuk itu……………..jagalah tingkah laku, dan kepribadian diri kita. Tunjukan bahwa kita adalah GURU MASA DEPAN yang BERMORAL dan PROFESSIONAL.