Sesungguhnya kesulitan itu bersamaan dengan kemudahan. Sangat dimungkinkan bagi kita yang belum merasakan kesulitan, pastinya tidak akan mengecap nikmatnya kemudahan. Pada dasarnya kesulitan itu akan tetap menemani diri kita, apabila kita tidak berusaha merubahnya menjadi suatu kemudahan. Tips untuk merubah kesulitan yang saya anjurkan adalah coba dan cobalah terus….!

Kita juga mengenal istilah trial and error (mencoba dan salah). Penyakit yang kebanyakan di derita manusia selama ini adalah malas dan takut mencoba akan kesulitan atau tantangan. Di sini kita akan selalu was-was dan khawatir untuk mencoba sesuatu yang belum pernah kita lakukan, bahkan sudah pernah kita lakukan, namun sering mengalami kegagalan. Ini menandakan bahwa kita belum siap untuk menjadi orang yang sukses.

Hanya berawal dengan mencoba, pastikan hasilnya akan luarrr…….biasa dan bisa saja hasilnya akan melebihi apa yang kita duga. Andai gagal dalam melakukan percobaan, sebenarnya itu bukanlah sebuah kegagalan, akan tetapi di sini kita telah berhasil menghilangkan satu kesulitan. Bisa diibaratkan anak kecil yang pertama kali naik sepeda, pertama ia akan jatuh. Ini bukanlah kegagalan, tapi kunci bagi langkah berikutnya. Ia harus mengetahui kenapa ia bisa terjatuh, bila hanya jalannya terjal, maka ia harus mencari jalan lainnya.

Oleh karena itu, janganlah secepat air mengalir lantas kita memutuskan bahwa kita gagal dalam berusaha. Sudah menjadi kodrat manusia, sesuatu yang awal itu sulit dilakukan. Namun janganlah pesimis, karena jika kita berhasil melenyapkan kesulitan, di situ akan terbentang dua kemudahan.Kita harus yakin bahwa kesulitan itu akan lenyap dari dalam diri kita.

Ketika menghadapi sebuah kesulitan, sebenarnya ada beberapa sisi keindahan di dalamnya. Karena kita akan di tuntut lebih kreatif untuk mencari jalan keluarnya.

SULIT………………..SIAPA TAKUT…………………